BREAKING NEWS

Minggu, 13 November 2011

Penghargaan PTSP di berikan oleh BKPM

Jakarta, global nusantara - Untuk lebih memotivasi pemerintah daerah untuk meningkatkan kinerja di bidang penanaman modal. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan penghargaan di bidang penanaman modal bagi kabupaten dan kota sebagai penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) terbaik tahun 2011, di Auditorium kantor BKPM Jakarta, Rabu (12/10).

Menurut Kepala BKPM Gita Wirjawan, pemberian penghargaan ini merupakan langkah BKPM dalam memotivasi pemerintah daerah untuk meningkatkan kinerja di bidang penanaman modal. Menurutnya, untuk meningkatkan penanaman modal di berbagai daerah, tingkat kesulitasn dan tantangan di setiap daerah memang berbeda,

"Pendekatan perbaikan iklim penanaman modal yang terkait di daerah juga berbeda. Investment award adalah salah satu upaya pemerintah mendorong daerah untuk memberikan pelayanan terbaik di bidang penanaman modal," katanya.

Gita melanjutkan, untuk tahun 2011 ini, BKPM telah melakukan penilaian terhadap 26 provinsi, di luar tujuh provinsi yang sudah ditetapkan sebagai regional champions tahun 2010 lalu yaitu Riau, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat dan Papua. Indikator penilaiannya adalah berdasarkan indikator kesiapan suatu daerah, seperti indikator ekonomi, proyek investasi yang ditawarkan, iklim investasi, ketersediaan sumber daya manusia dan SDM, serta dukungan infrastruktur.

Masih menurut Gita, penghargaan investment award oleh BKPM telah melakukan penilaian terhadap 265 kabupaten dan kota penyelenggara PTSP. Indikator penilaian untuk kategori ini antara lain kelembagaan dan pelimpahan kewenangan, sumber daya manusia yang profesional, sarana dan prasarana kerja, media informasi dan mekanisme kerja, ketersediaan layanan pengaduan,l dan interkoneksi sistem pelayanan informasi dan pelayanan informasi secara elektronik.

"Maka, darii 26 provinsi yang dinilai ini, tujuh provinsi yang terpilih sebagai provinsi terbaik bidang penanaman modal adalah Propinsi Aceh, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Sumatra Barat. Tiga kabupaten yang memenangkan investment award adalah Kabupaten," jelasnya.

Ditamhakannya, tiga kota penyenggara PTSP di bidang penanaman modal terbaik tahun 2011 adalah Kota Pare-pare, Sulawesi Selatan, Kota Dumai, Riau dan Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa menambahkan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, ada empat mesin pertumbuhan yang bisa digenjot pemerintah. Pertama adalah konsumsi masyarakat. Menurutnya, sumbangan konsumsi masyarakat terhadap pertumbuhan PDB sangat signifikan. Makanya,

"Pemerintah tetap akan menjaga daya beli masyarakat, apalagi menghadapi situasi global yang masih sangat rentan," ungkapnya. (indri p.s)
 
Copyright © 2014 Global Nusantara Share on Blogger Template Free Download.